Tempat Wisata Di Jogja Dekat Malioboro

EDY SYAM
0

 

Tempat Wisata Di Jogja Dekat Malioboro
Tempat Wisata Di Jogja Dekat Malioboro

Jogja merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki berbagai macam tempat wisata, mulai dari pantai sampai tempat wisata budaya dan lain-lain. Salah satu tempat wisata yang terkenal di Jogja adalah Malioboro. Dengan begitu banyaknya atraksi wisata yang ada di sekitar Malioboro, orang yang berwisata di Jogja pasti akan mencoba mengunjungi tempat-tempat wisata di dekat Malioboro. Berikut beberapa tempat wisata yang dapat dikunjungi saat berada di dekat Malioboro :


Tempat Wisata di Jogja dekat Malioboro

1. Taman Pintar Jogja

Taman Pintar Jogja adalah sebuah taman bermain interaktif yang terletak di Jalan Palagan Tentara Pelajar, Jogja. Taman ini merupakan taman tematik pertama di Indonesia yang berfokus pada teknologi informasi dan komunikasi. Di taman ini Anda dapat menemukan berbagai atraksi, seperti 3D paintball, bola air laser, half pipe bike, 4D flight simulator, gaming wall, dan lain-lain.


2. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu berada di Jalan Salaman No.15, Beji, Jogja. Ini adalah sebuah museum yang didedikasikan untuk kesenian dan peradaban Jawa. Di museum ini Anda dapat menemukan berbagai koleksi wayang, art yang terkait dengan ritual-ritual dan pemujaan, berbagai patung dan lukisan, dan masih banyak lagi. Anda pun akan dapat melihat evolusi seni dan sejarah Jawa sejak abad ke-11 hingga sekarang.


Museum Ullen Sentalu berada tidak terlalu jauh dari Pantai Parangtritis. Museum ini menawarkan sebuah suasana baru yang lebih bersahaja dengan kultur Jawa yang kental dan dilapisi dengan cerita rakyat Jawa. Anda bisa melihat bebatuan-batuan bersejarah dan lukisan-lukisan khas Jawa. Anda juga bisa berfoto di sana dan juga makan makanan khas Jogja. Museum ini akan memberikan Anda pengalaman baru tentang budaya dan tradisi daerah Jogja.


3. Gedung Perpustakaan Yogyakarta

Gedung Perpustakaan Yogyakarta adalah salah satu bangunan terkenal di Jogja. Terletak di Jalan Veteran No. 27, Gedung Perpustakaan Yogyakarta merupakan gedung bertingkat tiga yang mencakup sebuah koleksi buku-buku klasik dan modern. Di sini Anda dapat menemukan berbagai buku, dari buku-buku karya sastra dan buku-buku sejarah hingga buku-buku yang membahas tentang teknologi.


4. Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo adalah salah satu pasar terbesar dan terlama di Jogjakarta. Terletak tepat di pusat kota Jogja, di Pasar Beringharjo Anda akan menemukan berbagai macam barang dagangan mulai dari pakaian sampai peralatan rumah tangga, souvenir, dan berbagai makanan khas Jogja lainnya. Pasar ini juga menjadi tempat berbelanja yang populer karena harganya yang relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan tempat-tempat lain di Jogja.


Pasar ini berjarak 5 km dari Malioboro. Pasar yang berdiri sejak tahun 1758 ini dijaga dan diurus oleh Kraton Jogjakarta sehingga tentu akan memberikan Anda sensasi berbelanja yang baru. Berbagai macam produk khas Yogyakarta seperti kain songket, pernak-pernik, sampai jajanan khas bisa Anda temukan di Pasar Beringharjo. Pasar ini juga berisi barang-barang antik seperti tempat bantal batik yang kuno dan juga andong atau kawatir.


5. Pura Ratu Boko

Kawasan Pura Ratu Boko adalah salah satu destinasi wisata terkenal di Jogja. Kawasan ini berlokasi di kaki Gunung Merapi, tepatnya di Jalan Panggulan Sari No. 20, Kalasan, Jogja. Di kawasan ini Anda akan menemukan sebuah pura yang merupakan sisa-sisa dari kerajaan Hindu-Budha di Jogja. Pura ini juga merupakan tempat yang sering dijadikan tempat untuk melakukan ritual-ritual pemujaan bagi para pelancong.


6. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtrtis merupakan pantai yang bisa Anda temukan di Jogja. Pantai yang terkenal ini memiliki taman pesisir pasir putih cantik yang cocok untuk berjemur dan bermain-main dengan pasir. Pantai yang berdiri sejak masa kerajaan Mataram Hindu ini juga buka untuk wisatawan hujan musim yang biasa mengunjungi titik balik pantai ini. Selain itu, di tempat ini juga ada arca Arjuna Terbang yang dianugerahi oleh kerajaan Mataram Hindu dan dikelilingi oleh deretan pohon cemara laut..


Pantai Dekat Malioboro Yogyakarta

  1. Pantai Baron
  2. Pantai Krakal
  3. Pantai Glagah
  4. Pantai Sundak
  5. Pantai Drini
  6. Pantai Wisma
  7. Pantai Ngliyep
  8. Pantai Indrayanti
  9. Pantai Apiary
  10. Pantai Kukup
  11. Pantai Parangtrtis


Tempat Wisata Di Jogja Terbaru

  1. Taman Lumba-Lumba Kaliowan, Jogja
  2. Pantai Baron, Jogja
  3. EcoGreen Park, Jogja
  4. Nglanggeran Volcano Heritage Park, Jogja
  5. Prambanan Temple, Jogja
  6. Triwindu Flea Market, Jogja
  7. Taman Pintar, Jogja
  8. Kalibiru National Park, Jogja
  9. Taman Budaya Yogyakarta (TBY), Jogja
  10. Sonobudoyo Museum, Jogja


Cafe Dekat Malioboro

  1. Cafe Kempor Malioboro
  2. 13th Street Coffee Shop
  3. The Unionz Cafe & Resto
  4. Warung Kota
  5. Warung Sate Klathak Pak Sastro
  6. Warung Bumi Malang Mala
  7. Khoza Cafe
  8. Plus Cafe Restaurant
  9. Taman Pintar Gastro N Cafe
  10. Atstako Coffee & Resto


Wisata Dekat Malioboro Jalan Kaki


1. Yogyakarta Kraton 

empat ini menyimpan banyak sejarah berharga dan banyak teka-teki yang harus diketahui. Kraton Yogyakarta adalah simbol Kota Mataram dan merupakan salah satu obyek wisata paling populer di wilayah Jogja.


2. Pasar Beringharjo

Pasar ini didirikan pada tahun 1758 ini merupakan contoh nyata dari pemilikan kerajaan Mataram tentang pasar. Ini adalah tempat yang ideal untuk menjelajahi tradisi lokal Islandia. Makanan lokal, barang antik, kain khas-dan belanja murah lainnya-semua bisa didapat di sini.


3. Taman Sari

Terletak di sisi timur kraton, dan merupakan sebuah istana air yang rumit dan indah. Istana air awalnya dibangun oleh Sultan Hamengku Buwono I (1749-1792). Taman sari ini sekarang menjadi salah satu obyek wisata yang penting.


4. Gedung Agung Yogyakarta 

Puncak salib di zona tengah adalah Gedung Agung, yang dulunya pemukiman kerajaan Yogyakarta. Gedung Agung dirancang menurut gaya arsitektur Jawa Barat. Gedung Agung telah dipertahankan sebagian besar due sifat aslinya sebagai simbol utama istana kerajaan.


5. Benteng Vredeburg

Ini adalah situs bersejarah sejak abad ke-18 ini berfungsi sebagai benteng Belanda yang dirancang untuk menjaga kepentingan kolonial. Sekarang, Benteng Vredeburg adalah sebuah museum bersama, menarik orang untuk menyelenggarakan acara harian di sini.


6. Pasar Beringharjo 

Pasar ini terletak jauh dari kawasan Malioboro. Benteng Vredeburg berfungsi sebagai lapangan belanja utama departemen Jogja dengan wahana wisata dekat Malioboro. Pasar ini mendapatkan potensi dengan keberadaan produk-produk lokal dari bahan makanan, kerajinan dan pakaian tradisional.


7. Klenteng Sam Poo Kong

Klenteng ini berdiri sejak 1553 dan telah berfungsi sebagai tempat suci bagi komunitas Tionghoa-Indonesia. Klenteng Sam Poo Kong dibangun sebagai tempat ibadah Key San Kong dan memiliki arti penting bagi komunitas Tionghoa di Yogyakarta.


8. Pura Kalasan 

Bentuk ini dibangun di abad ke-8 ini, menghadirkan semangat misi Sanskrit lain seperti kuil ini juga diresmikan Batara Guru. Dari bentuk candi, beberapa upacara dan pameran budaya diadakan di sini.


9. Pajalan Tugu 

Pajalan tugu adalah sebuah monumen yang didirikan untuk mengenang Perjuangan Indonesia dan perlawanan terhadap kolonial Belanda. Tugu ini adalah simbol penting Yogyakarta, kurang lebih 5 km dari Malioboro.


10. Pasar Sentral Kilometer 9 

pasar ini beroperasi sejak 1970 dan terkenal di seluruh Indonesia. Terletak di kilometer 9, pasar ini menarik orang untuk meyakinkan produk lokal dan import Jawa Barat pada harga yang wajar.


Jadi, itu adalah daftar dari beberapa tempat wisata di Jogja dekat Malioboro yang dapat dikunjungi saat berada di sekitar Malioboro. Jika Anda ingin bersenang-senang selama berada di Jogja, Anda dapat berkunjung ke salah satu dari tempat-tempat di atas dan menikmati segala yang Jogja tawarkan

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)