7 Tips Liburan yang Murah dan Menyenangkan

Wisata Terdekat
0

 

7 Tips Liburan yang Murah dan Menyenangkan - Wisata Terdekat


Liburan yang Murah dan Menyenangkan adalah hak semua orang termasuk kamu. Dengan menjalani liburan kamu bisa menyingkirkan stress akibat terus-menerus bekerja, menemukan ide-ide baru karena liburan membuat pikiranmu segar kembali, dan yang paling penting adalah kamu bisa menikmati keindahan alam serta kearifan penduduk lokal yang ditemui saat liburan.


Seru, kan? Tapi saat kamu membutuhkan liburan, biasanya masalah dana menjadi penghambat. Sebenarnya pergi liburan bisa dilakukan dengan dana terbatas asalkan kamu tahu cara menyiasatinya. Tidak percaya? Coba simak tipsnya berikut!


Tentukan Destinasi

Jika kamu ingin berlibur ke luar negeri, tentu akan membutuhkan dana yang besar. Sebaiknya sesuaikan destinasi liburan dengan ketersediaan dana. Misalnya berlibur ke Batu karena harga transportasi, makanan, penginapan, dan tiket masuk tempat rekreasi terbilang sangat murah. Bisa juga memilih destinasi yang dekat dari tempat tinggalmu. Misalnya kamu tinggal di Jakarta, Bandung dan Bogor bisa jadi destinasi yang tepat karena dekat dan biaya transportasinya tentu akan lebih murah. Agar lebih hemat, kamu bisa berlibur pulang hari. Dengan demikian kamu tidak perlu membayar penginapan.


Tentukan Tanggal Liburan dan Pesan Tiket Transportasi Lebih Awal

Hindari berlibur saat long weekend, high season atau musim liburan karena semua akomodasi akan menjadi mahal dan tempat rekreasi dipadati warga. Sebaiknya pilih waktu berlibur saat weekdays atau saat tengah bulan di mana akomodasi memasang harga normal atau bahkan lebih murah. Selanjutnya adalah memilih transportasi yang murah dan efisien waktu seperti kereta api. Dibandingkan dengan bus antar provinsi,  kereta api akan lebih nyaman digunakan. Kamu bisa cek harga dan memesan tiket kai di Traveloka. Lewat Traveloka, kamu bisa membandingkan harga tiket kereta api pada beberapa tanggal pilihanmu.


Menginap di Rumah Saudara atau Teman

Jika kamu memiliki saudara atau teman dekat di destinasi tujuan, mengapa harus membayar mahal untuk penginapan? Kamu hanya perlu memastikan kalau mereka tidak akan terganggu dengan kunjunganmu. Tidak lupa juga untuk membawakan buah tangan dari kota asalmu.


 
Tidak punya kerabat di sana? Kamu bisa coba menginap di guest house. Guest house biasanya memiliki harga yang lebih murah dari hotel setempat. Jangan khawatir mengenai fasilitasnya karena sudah lengkap seperti rumah sendiri. Untuk kamu yang ingin berhemat dengan memasak makanan sendiri, ada beberapa guest house yang menyediakan dapur untuk digunakan bersama.

 

Cari Tahu Info Diskon

Terkadang info diskon untuk tiket masuk tempat rekreasi tidak dipublikasikan besar-besaran. Ada beberapa tempat wisata yang memberikan diskon tiket masuk dengan pembayaran kartu kredit atau dengan menunjukkan boarding pass pesawat tertentu. Oleh karena itu, kunjungi situs resmi tempat rekreasi yang ingin kamu datangi dan cari infonya di bagian pemesanan tiket.


Jika kamu menginap di hotel rekanan tempat wisata, beli saja tiketnya di hotel tersebut. Biasanya pihak hotel akan memberikan diskon untuk tamunya. Atau kamu juga bisa membeli tiket masuk tempat rekreasi tersebut di sejumlah situs resmi dengan harga yang tentunya lebih murah. Nantinya, kamu akan mendapatkan e-ticket sebagai bukti pembelian.

 

Hemat Ongkos untuk Transportasi

Apabila kamu hanya berlibur sendiri atau tidak bersama lebih dari 4 orang, sebaiknya gunakan transportasi umum bukan menyewa kendaraan. Jangan lupa cari tahu jarak antar tempat wisata tujuan. Jika dekat dan memungkinkan, kamu bisa jalan kaki hitung-hitung sekalian olahraga. Lebih asyik lagi kalau ternyata ada free shuttle untuk menjangkau beberapa tempat wisata terdekat sekaligus. Untuk free shuttle, carilah info mengenai lokasi titik penjemputan dan jam keberangkatannya ya.


Kunjungi Lokasi Anti Mainstream

Untuk menghindari kepadatan tempat wisata, cobalah mengunjungi beberapa lokasi yang jarang dikunjungi wisatawan seperti lokasi hang-out anak muda lokal. Karena anti mainstream di kalangan wisatawan, kamu bisa mencari tahu tempat semacam ini dengan bertanya kepada warga setempat.


Makanan

Berlibur bukan berarti harus selalu makan di restoran. Kalau mau hemat, kamu bisa sesekali makan di warung makan atau mencicipi jajanan khas destinasi yang tidak bisa ditemui di tempat lain. Memilih penginapan yang menyediakan sarapan gratis juga akan membantumu menghemat dana.


Semoga tips di atas bisa membantumu menikmati liburan dengan dana terbatas dan menginspirasi orang banyak. Selamat berlibur!

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)