Berlibur Ke Nusa Tenggara? Cobalah 11 Destinasi Wisata Ini

Wisata Terdekat
0

 

Berlibur Ke Nusa Tenggara? Cobalah 11 Destinasi Wisata Ini - Tempat Wisata Terdekat

Wisataterdekat.com - Destinasi liburan di Indonesia sangat beragam mulai dari alamnya hingga wahana buatan. Hampir seluruh wilayahnya memiliki tempat pariwisata menarik. Tak terkecuali di daerah timur juga terdapat berbagai wisata terbaru di Nusa Tenggara yang harus Kamu kunjungi.


Beberapa Pilihan Wisata di Nusa Tenggara

Daerah Nusa Tenggara populer dengan keindahan alamnya yang tidak terkalahkan dengan daerah lain di Indonesia. Selain itu, ada pula cagar alam sebagai salah satu destinasi wisata edukasi. Berikut beberapa informasi mengenai wisata di sana:


1. Taman Narmada

Taman Narmada menjadi salah satu wisata yang bisa Kamu kunjungi di daerah Nusa Tenggara Barat. Berada di desa Lеmbuаk, kесаmаtаn Nаrmаdа, Lоmbоk Barat аtаu ѕеkіtаr 10 kilometer dаrі tіmur kоtа Mаtаrаm. Tempat ini juga cocok sebagai sarana edukasi pula.  


Berupa tempat peninggalan berisi pemandian dan taman seluas sekitar 3 hektar. Untuk masuk kesana Kamu harus membayar tiket sebesar Rp. 6.000,- saja per orang. Selain berlibur tentu juga bisa belajar mengenai sejarah Lombok. Memanfaatkan peta untuk menelusuri wilayah ini.


2. Lombok Wildlife Park

Lombok Wildlife Park merupakan salah satu wisata penangkaran hewan khususnya gajah yang mana berasal langsung dari Way Kambas. Kamu bisa mencoba menunggangi hewan bertubuh besar ini selama mengelilingi taman dengan durasi tertentu.  


Selain gajah, ada juga orang utan, elang, iguana, siamang, dan masih banyak. Berada di jalan Raya Tanjung, Sire, Sigar Penjalin, Lombok Utara. Kamu cukup membayar sebesar Rp. 50.000,- per orang untuk bisa berlibur di wisata ini bersama keluarga maupun teman-teman.


2. Cafless Water Park

Cafless Water Park berada di daerah jalan Raya Gunung Sari, Tanjung KM2, Gunung Sari, Lombok Barat yang menyajikan keindahan pegunungannya. Cocok untuk Kamu yang ingin melepas penat dengan melihat pemandangan alam bersama keluarga maupun teman-teman.


Cukup membayar mulai dari Rp. 50.000,- untuk bisa menikmati berbagai fasilitas di Cafless Water Park ini. Beberapa wahana yang harus Kamu coba ialah kolam arus dan race slider bergelombang untuk memicu adrenalin meluncur dari ketinggian. 


3. Air Terjun Mata Jitu

Ingin menikmati liburan di alam bebas? Maka cobalah salah satunya di air terjun Mata Jitu. Berada di dusun Oiramu, desa Labuhan Aji, kecamatan Labuhan Badas, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Tempat ini populer pula dengan nama lain Queen Waterfall.


Di sini Kamu bisa menikmati jernih dan segarnya air terjun dari ketinggian kurang lebih 7 meter. Ada tiga undakan berjajar sehingga menciptakan pemandangan yang indah. Untuk menuju ke sana harus menaiki perahu dari Pulau Moyo dengan tarif Rp. 50.000,- hingga Rp. 70.000,-.


4. Wae Rebo

Wae Rebo merupakan salah satu wisata budaya berupa desa adat di Nusa Tenggara Timur yang sering juga populer dengan nama negeri di atas awan. Bertempat di kabupaten Ngada dan Manggarai, Kamu bisa belajar dari kehidupan masyarakat asli sekaligus berwisata.


Di sana bisa belajar mengenai kehidupan sehari-hari bersama masyarakat seperti menumbuk kopi, membuat kain tenun, dan masih banyak lagi. Biaya yang dibutuhkan beragam bergantung pada jenis kendaraan serta harga pemandu juga penginapannya.


5. Air Terjun Cunca Wulang

Salah satu air terjun di daerah Nusa Tenggara Timur ini berada di wilayah Pota Wangka, Boleng, Manggarai Barat. Populer dengan bentuknya yang menyerupai Grand Canyon di Amerika. Memberikan pemandangan indah yang berpadu dengan air yang sangat jernih.


Kamu bisa menikmati pemandangan indah di air terjun Cunca Wulang dengan membayar tiket sebesar Rp. 30.000,- hingga Rp. 50.000,- saja. Namun, jika ingin menggunakan pemandu lokal maka harus memberikan tip lagi sesuai dengan permintaan tour guidenya.


6. Puncak Gunung Inerie

Bukan hanya apik pada keindahan alam lautnya, Nusa Tenggara Timur juga menyimpan kecantikan pada daerah pegunungannya. Salah satu yang mesti dicoba ialah puncak gunung Inerie. Berada di daerah Flores, menyuguhkan pemandangan cantik di ketinggian.


Kamu bisa menikmati pemandangan indah di puncak gunung Inerie yang berbentuk seperti piramida dimana merupakan salah satu tertinggi di daerah Flores. Sebelum sampai di tempat ini akan melewati wilayah sabana dan jalanan berbatu layaknya rute perjalanan gunung-gunung.


7. Rumah Adat dan Pasola

Selain wisata alam, Kamu juga bisa merasakan destinasi bertema budaya salah satunya yaitu Rumah Adat dan Pasola yang berada di Pulau Sumba. Seringkali populer dengan nama RBS, menyajikan berbagai rumah adat serta kesenian khususnya dari wilayah Nusa Tenggara.


Jika berkunjung kesini, bisa menikmati berbagai atraksi bernama Pasola yang bertemakan keagamaan, serta atraksi kesenian lainnya. Hal ini bertujuan untuk melestarikan budaya sekitar dan juga memperkenalkan budayanya khususnya pada wisatawan baik asing maupun lokal.


8. Bukit Wairinding

Ingin menikmati suasana alam yang lain di wilayah Nusa Tenggara Timur maka bisa mencoba mengunjungi bukit Wairinding di kelurahan Pambotanjara, kota Waingapu, Sumba Timur. Kamu bisa menuju kesana dengan menyewa mobil atau motor dengan tarif mulai dari Rp. 100.000,-.


Meskipun bukan salah satu wisata terbaru di Nusa Tenggara, namun keindahannya tidak boleh dilewatkan begitu saja. Tempat ini merupakan bukit savana yang akan berubah warnanya ketika berganti musim menjadi kemarau yaitu kuning kecokelatan.


9. Pulau Kanawa

Salah satu pulau yang wajib Kamu datangi ketika berkunjung ke Nusa Tenggara Timur adalah Kanawa. Tempat ini berupa tanah lapang seluas kurang lebih 32 hektar dengan pemandangan air laut dan langit berwarna biru. Tentu sangat cocok untuk melepas penat saat berlibur, bukan?


Berada di wilayah Pantai Pasir Putih, Komodo, kabupaten Manggarai Barat. Kamu bisa menuju kesana mengendarai kapal dengan biaya sewa mulai dari Rp. 400.000,- selama 1,5 jam dari dermaga. Keindahan pemandangannya akan membuatmu rileks dan santai sejenak.


10. Benteng Makes

Selain populer dengan wisata alamnya yang cantik, daerah Nusa Tenggara khususnya Timur memiliki wisata sejarah pula. Salah satunya yakni Benteng Makes. Kаmu bisa mеngunjungі di kaki gunung Lakaan, tераtnуа dеѕа Dіrun, kecamatan Lamaknen, kabupaten Atаmbuа.


Benteng Makes merupakan salah satu warisan budaya kuno berupa 7 lapis batuan berbentuk seperti dinding. Selain itu, wilayah ini juga memiliki pemandangan alam yang cantik. Jadi, jika ingin berwisata sejarah sambil melihat keindahan sekitarnya Kamu bisa mencoba tempat ini. 


Mengunjungi daerah timur dari Indonesia memang memberikan sensasi menagihkan karena alamnya sungguh cantik tak terkira. Jika Kamu ingin melepas penat dari kesibukan setelah bekerja maka bisa berlibur ke salah satu daerah di Nusa Tenggara baik Barat maupun Timur.


Demikian ulasan mengenai wisata terbaru di Nusa Tenggara yang dapat Kamu jadikan referensi jika berkunjung ke wilayah timur Indonesia tersebut. Pastikan menyediakan waktu libur yang lama supaya bisa memuaskan diri dengan keindahan alamnya. Selamat berlibur!  

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)