13 Oleh-oleh Khas Jogja Terbaru yang Paling Terkenal

Wisata Terdekat
0

 

Wisata Terdekat, 13 Oleh-oleh Khas Jogja Terbaru yang Paling Terkenal, oleh-oleh khas jogja selain makanan, oleh-oleh khas jogja yang tahan lama, oleh-oleh khas jogja dan harganya, oleh-oleh khas jogja kekinian, keripik khas jogja, oleh-oleh khas jogja di malioboro, oleh oleh khas jogja online, dibawa pulang oleh-oleh khas jogja


WisataTerdekat.com - Yogyakarta atau yang akrab disebut Jogja, menjadi salah satu tempat di Indonesia yang memiliki pesona alam dan budaya yang melimpah. Oleh karena itu Jogja menjadi salah satu tempat wisata yang menjadi tujuan destinasi wisatawan lokal maupun mancanegara. Tentu bagi yang sedang berlibur ke Jogja, tidak lengkap rasanya jika tidak membeli oleh-oleh khas Jogja. Karena selain pesona alam yang melimpah, Jogja juga menyediakan berbagai oleh-oleh khas Jogja makanan dan juga oleh-oleh khas Jogja selain makanan.


Namun adakalanya wisatawan yang sedang berkunjung ke Jogja bingung apa saja oleh-oleh khas Jogja. Oleh karena itu, pada kesempatan ini tempat wisata terdekat akan mencoba memberikan beberapa oleh oleh khas Yogyakarta yang mungkin saja bisa menjadi referensi Anda. Langsung saja, berikut adalah daftarnya.


Oleh-oleh Khas Jogja Terbaru


1. Bakpia

Siapa yang tidak mengetahui camilan yang satu ini, yaitu Bakpia. Tidak hanya terkenal di kota pelajar, Bakpia juga banyak tersedia di kota-kota besar seperti Jakarta. Salah satu Bakpia yang terkenal di Jogja dan bisa dijadikan oleh-oleh ketika sedang berlibur di sana adalah Bakpia Pathuk.


2. Gudeg

Banyak yang memberi julukan Jogja sebagai kota Gudeg. Karena harus kita akui, Jogja merupakan kota khas Gudeg. Dan bagi wisatawan yang ingin membeli Gudeg, tentu bukan perkara yang sulit untuk menemukan makanan unik ini di pasar-pasar tradisional di Yogyakarta.


3. Coklat Monggo

Coklat Monggo adalah alternatif yang paling tepat jika keluarga atau kerabat yang sedang menunggu di rumah merupakan penggemar coklat. Meskipun menjadi salah satu coklat tradisional di Jogja, tapi Coklat Monggo sudah sangat terkenal. Coklat Monggo tersedia dengan beraneka ragam rasa, seperti dark chocolate dan milk chocolate.


4. Geplak

Masih seputar oleh-oleh makanan khas Jogja, kali ini adalah Geplak. Makanan yang memiliki ciri khas warna warni ini, ternyata sering dijadikan oleh-oleh bagi para wisatawan yang sedang berlibur ke Yogyakarta. Tentunya bisa anda bayangkan sendiri bagaimana nikmatnya makanan yang terbuat dari daging kelapa yang diiris tipis dan dimasak dengan campuran gula.


5. Yangko

Ada lagi salah satu makanan unik khas Jogja yang cukup populer, yaitu Yangko. Sekilas Yangko memang mirip dengan kue mochi. Sama halnya dengan Geplak, Yangko juga tersedia dengan aneka warna yang cukup menggairahkan selera.


6. Salak Pondoh

Jika anda ingin membeli oleh-oleh khas Jogja yang tahan lama, anda bisa menjatuhkan pilihan ke Salak Pondoh. Salak Pondoh merupakan salah satu jenis Salak yang banyak tumbuh di daerah Yogyakarta. Oleh karena itu, tidak diragukan lagi kualitas dan rasa Salak Pondoh khas Jogja.


7. Belalang Goreng (Walang Goreng)

Ingin mencoba oleh-oleh yang unik dan berbeda dari biasanya? Anda bisa mencoba membeli Belalang goreng atau yang akrab disebut Walang Goreng, Tentu tidak banyak orang yang sudah mencicipi makanan yang lumayan ekstrem ini. Tapi, banyak yang mengatakan kalau rasanya mirip dengan rasa udang goreng.


8. Batik

Menyebut kata Batik, pasti salah satu kota yang identik dengan Batik adalah Jogja. Batik khas Jogja sudah sangat terkenal tidak hanya di Indonesia, tapi juga mancanegara. Batik Jogja memang memiliki berbagai motif yang dapat disesuaikan dengan selera.


9. Enthung (Kepompong)

Selain belalang goreng (walang goreng), ada lagi makanan unik khas Jogja yang dapat menjadi alternatif. Makanan tersebut adalah Enthung atau kepompong. Jika melihat tekstur dan bentuk dari Enthung, bisa dibilang makanan yang satu ini lebih ekstrem dibandingkan walang goreng.


10. Kerajinan Perak Khas Jogja

Kerajinan perak ternyata tidak hanya terkenal sebagai oleh-oleh khas Bali saja, tapi juga terkenal sebagai oleh-oleh khas jogja kekinian. Untuk melihat berbagai kerajinan perak di Jogja, wisatawan bisa berkunjung ke Kotagede. Di sana tersedia beraneka ragam hiasan dan pernik-pernik cantik dari perak.


11. Kaos Dagadu

Jika oleh-oleh khas Bali terkenal dengan kaos joger dan oleh-oleh khas Surabaya terkenal dengan kaos Cak Cuk, di Jogja ada kaos Dagadu yang juga cocok dijadikan sebagai oleh-oleh khas Jogja yang tahan lama. Kaos-kaos Dagadu ini bisa ditemukan di tempat perbelanjaan yang terkenal di Jogja, seperti Mal Malioboro.


12. Kerajinan Gerabah Kasongan

Tidak hanya perak yang menjadi kerajinan khas Jogja, tapi ada pula Gerabah Kasongan. Berbeda dengan perak, Gerabah Kasongan ini cenderung lebih sederhana karena merupakan kerajinan tanah liat. Tapi jangan ragu sisi kreativitasnya, karena para pengrajin Gerabah Kasongan di Jogja mampu menciptakan berbagai karya cantik dari tanah liat.


13. Sandal Jogja

Jika ingin membeli oleh-oleh yang murah meriah dan mudah dibawa ke mana-mana, wisatawan bisa membeli sandal Jogja yang ternyata cukup banyak diminati untuk dijadikan oleh-oleh. Sandal Jogja ini, identik dengan sandal jepit yang bertuliskan Jogja.


Itu tadi adalah oleh-oleh khas Jogja terbaru yang paling terkenal dan dapat dijadikan buah tangan dibawa pulang oleh-oleh khas jogja ketika Anda berlibur ke kota pelajar ini. Terima kasih dan semoga bermanfaat. 

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)