7 Tips Mudik Lebaran Dengan Kendaraan Pribadi yang Aman dan Nyaman

Wisata Terdekat
0

 

7 Tips Mudik Lebaran Dengan Kendaraan Pribadi yang Aman dan Nyaman - Wisata Terdekat


Mudik ke kampung halaman saat menjelang Lebaran tiba merupakan rutinitas yang dilakukan oleh orang yang merantau di kota lain. Banyak tantangan yang perlu dilewati, bukan sekedar macet dimana-mana, misalnya saja kamu perlu melakukan perjalanan panjang berjam-jam, atau bahkan berhari-hari. Nah, buat kamu yang mudik dengan kendaraan pribadi, Wisataterdekat.com merangkumkan 7 tips mudik Lebaran yang aman dan nyaman.


Ada apa saja tipsnya? Mari simak artikel berikut!


1. Cek Kondisi Kendaraan

Tips mudik Lebaran yang pertama adalah kamu perlu mengecek kondisi kendaraan terlebih dahulu. Baik motor atau mobil yang akan kamu gunakan, sangat direkomendasikan untuk membawa ke bengkel resmi untuk diperiksa secara menyeluruh. Lakukanlah hal ini paling telat 2 hari sebelum mudik.


Jangan lupa juga untuk cek perlengkapan kendaraan untuk keadaan darurat misalnya dongkrak, obeng, tang, kunci pas dan perlengkapan lainnya yang penting kamu bawa untuk perjalanan jauh. Tidak ada salahnya jika dipersiapkan, lebih baik sedia payung sebelum hujan kan ?


Satu lagi yang hal penting mengenai kendaraan adalah membawa sparepart cadangan seperti busi, sekring, tali kopling, tali rem, ban dan sparepart lainnya. Tips ini menjadi hal yang wajib kamu persiapkan sebelum mudik.


2. Buat Daftar Barang Bawaan

Terkadang karena kamu terburu-buru untuk mudik, tanpa disadari kamu akan membawa barang-barang yang seharusnya tidak dibawa. Hal itu akan membuat space di kendaraan kamu berkurang. Untuk menghindari hal itu, baiknya kamu membuat daftar barang bawaan.


Buatlah skala prioritas, barang mana yang paling penting, penting aja sampai barang yang kurang penting untuk dibawa mudik. Kan sayang kalau kamu sudah lelah packing tapi ternyata barang yang dibawa tidak terpakai.


Eits, jangan lupa bawa kotak P3K juga ya untuk berjaga-jaga selalu yang isinya minyak angin, obat pusing, obat mabuk di jalan, betadine. Perhatikan tanggal kadaluwarsanya juga agar aman dikonsumsi.


3. Sediakan Bahan Bakar Kendaraan, Baterai dan Pulsa

Nah, ini merupakan tips mudik Lebaran yang ketiga. Menyediakan bensin, baterai dan pulsa yang cukup selama kamu melakukan perjalanan. Sebaiknya kamu mengisi full tank bahan bakar kendaraan sebelum pergi agar selalu cukup untuk perjalanan panjang.


Lalu untuk baterai dan pulsa, tentunya ini tidak terlepas dari gadget yang selalu dipakai. Daripada nanti kesulitan untuk menambah baterai, kamu bisa membawa power bank atau kabel USB untuk meng-charge. Dan jangan lupa untuk mengisi pulsa terlebih dahulu ya!


4. Peta

Membawa peta, baik peta kertas maupun peta yang berada di gadget kamu merupakan hal penting. Tips mudik Lebaran ini membuatmu mengetahui rute-rute mana yang akan dilalui bahkan kamu bisa tahu daerah mana saja yang terkena macet.


Penting juga untuk kamu ketahui, selama perjalanan kamu juga bisa menggunakan aplikasi pencarian tempat Google Maps untuk mengetahui di mana letak pom bensin, bengkel, atm bahkan sampai tempat makan seperti warteg sekalipun.


5. Makanan, Minuman dan Hiburan

Perjalanan panjang tentunya akan menguras banyak tenaga kamu, oleh karena itu tips mudik Lebaran berikutnya adalah kamu perlu mempersiapkan makanan, minuman yang cukup hingga hiburan.


Bawalah makanan seperti roti, biskuit yang mengenyangkan, hingga air minum beberapa liter untuk persediaan selama perjalanan. Ada baiknya kamu juga membawa barang-barang hiburan yang dapat menghilangkan rasa bosanmu, misalnya saja membawa buku, MP3, CD ataupun laptop.


6. Layanan Gratis Otomotif

Layanan gratis otomotif biasanya ada di sejumlah titik tertentu di jalur mudik yang dibuat oleh perusahaan otomotif. Perusahaan-perusahaan otomotif itu juga biasanya menyediakan satu nomor darurat yang bisa dihubungi kalau kamu ada masalah dengan kendaraan selama perjalanan. Kamu bisa cari informasi perihal ini dulu sebelum keberangkatan.


7. Kondisi Tubuh

Tips mudik Lebaran yang terakhir adalah kamu perlu menjaga dan memperhatikan selalu kondisi tubuh. Perjalanan yang panjang memerlukan kondisi tubuh yang sehat dan prima. Pastikan kamu fit ya sebelum melakukan mudik ke kampung halaman. Kalau di jalan mendadak mengantuk, kamu harus berhenti dulu untuk beristirahat. Kamu perlu beristirahat minimal setiap 4 jam sekali. Dan jangan lupa untuk mengonsumsi vitamin.


Nah itu dia 7 tips mudik Lebaran yang aman dan nyaman untuk kamu pulang ke kampung halaman tahun ini. Semoga bermanfaat 🙂

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)