Wisata Religi di Surabaya yang WAJIB Dikunjungi Tahun Ini

Wisata Terdekat
0

 

Wisata Religi di Surabaya yang WAJIB Dikunjungi Tahun Ini - Tempat Wisata Terdekat

Wisata religi di Surabaya ini wajib untuk Anda kunjungi ketika sedang berlibur di Surabaya. Tempat-tempat ini memiliki sejarah yang menarik dengan bangunan-bangunan bergaya artistik. Selain itu, tempat religi ini menjadikan Surabaya sebagai salah satu bagian terpenting dari perkembangan agama Islam dan agama lain yang ada di Jawa. Itu sebabnya, banyak peninggalan-peninggalan agama yang ditemukan di kota Surabaya. Tempat tersebut akhirnya menjadi tempat wisata religi sampai sekarang.


1. Masjid Cheng Ho

Anda pasti tidak mengira bahwa tempat yang terlihat seperti kelenteng milik Tionghoa ini adalah sebuah masjid. Bertempat di Jalan Gading Nomor 2, Ketabang, Genteng, Kota Surabaya, Masjid Cheng Ho merupakan masjid bersejarah dengan bangunan yang sangat unik. Bangunan yang didominasi dengan warna merah, kuning, dan hijau ini kental akan nuansa dari Bangsa Tionghoa.


Di bagian belakang dari masjid tersebut, Anda akan mendapati berbagai macam miniatur kapal yang menggambarkan keadaan dari perjuangan Laksamana Cheng Ho. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mempelajari budaya dan sejarah berdirinya masjid Cheng Ho serta situs-situs peninggalan islam yang ada di sana. Tempat wisata religi di Surabaya ini sangat ramai dikunjungi oleh para peziarah, terutama pada bulan Ramadhan.


2. Makam Sunan Ampel

Makam Sunan Ampel merupakan salah satu tempat wisata religi di Surabaya yang tidak boleh terlewatkan. Terletak di Jalan Pertukangan I, Semampir, Ampel, kota Surabaya, makam tersebut terdapat di belakang Masjid Ampel dengan melewati beberapa gapura yang dijaga oleh para penjaga makam. Para penjaga akan memberitahukan kamu untuk tidak mengambil foto ketika berada di Makam Sunan Ampel.


Tempat makam tersebut sangat luas sehingga, tidak hanya Makam Sunan Ampel saja berada di sana, kamu juga bisa menemukan beberapa makam dari para santri dan pengikut dari Sunan Ampel. Makam Sunan Ampel tidak pernah sepi oleh para pengunjung setiap harinya, terutama menjelang bulan suci Ramadhan. Makam ini akan dipadati oleh para peziarah-peziarah dari berbagai macam kota di Indonesia.


3. Klenteng Sanggar Agung

Klenteng ini terletak di Jalan Sukolilo Nomor 100, Kota Surabaya. Ciri khas dari bangunan Klenteng Sanggar Agung adalah memiliki patung Dewi Kwan Im dengan tinggi sekitar 20 meter. Klenteng yang menjadi tempat ibadah bagi agama Konghucu, Taoisme, dan Buddha ini mampu menarik para wisatawan untuk berkunjung dan menjadikan klenteng sebagai salah satu tempat wisata religi di Surabaya. Tempatnya yang berdekatan dengan tepi pantai membuat wisatawan tidak menyia-nyiakan pemandangan indah tersebut ke dalam lensa kamera.


4. Masjid Nasional Al Akbar

Tempat wisata religi di Surabaya selanjutnya adalah Masjid Nasional Al Akbar. Merupakan masjid terbesar kedua di Indonesia setelah Masjid Istiqlal yang ada di Jakarta. Masjid besar ini berlokasi di Jalan Masjid Al Akbar Utara Nomor 1, Pagesangan, Jambangan, Kota Surabaya. Masjid yang telah dibangun dari 4 Agustus 1995 ini, memiliki 1 kubah besar dengan 4 kubah kecil yang mendampinginya. Selain ukurannya yang besar, Masjid Nasional Al Akbar memiliki 45 pintu yang artinya masjid tersebut dapat menampung banyak jamaah di dalamnya.


Ketika Anda masuk ke dalam Masjid Nasional Al Akbar, kamu akan disuguhkan dengan arsitektur bangunan yang sangat unik dan indah. Tidak hanya desain interiornya, masjid ini juga sukses membuat para pengunjung betah untuk selalu berada di dalam masjid. Jadi, tidak lengkap jika kamu tidak berkunjung ke Masjid Nasional Al Akbar untuk berwisata religi di Surabaya.


5. Kampung Arab Surabaya

Hampir setiap kota memiliki Kampung Arab dengan ciri khas masing-masing. Begitu juga dengan Kota Surabaya. Tidak mau kalah akan keberadaan Kampung Arab. Kampung Arab yang ada di Surabaya ini dipenuhi oleh penduduk-penduduk lokal serta orang-orang keturunan Arab yang tinggal di Surabaya. Aktivitas di dalam Kampung Arab sebagian besar hampir sama dengan aktivitas yang ada di Makkah.


Anda akan menemui para pedagang dari Arab dan juga Yaman yang menjual berbagai macam benda berciri khaskan Timur Tengah. Untuk kuliner, kamu juga tidak perlu khawatir. Banyak makanan-makanan dari Timur Tengah yang bisa kamu coba dengan cita rasa tidak jauh berbeda dari aslinya. Kampung Arab Surabaya ini selalu ramai oleh para pengunjung yang ingin berwisata di sana. Bahkan, pada bulan Ramadhan Kampung Arab ini menjadi tempat untuk mencari makanan buka puasa.


Ada banyak tempat-tempat religi di Surabaya yang bisa kamu kunjungi ketika berlibur ke Surabaya. Tempat yang memiliki banyak sejarah tersebut wajib untuk dijaga dan hindari dari merusak fasilitas yang ada. Tempat wisata tidak harus selalu yang sama setiap tahunnya. Surabaya tidak hanya memiliki tempat wisata alam yang indah saja, namun juga memiliki wisata religi di Surabaya.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)